Muqoddimah


Segala puji bagi Allah yang menurunkan Alquran kepada Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam, merupakan kitab suci ummat Islam, yang menjadi pedoman, konsep, dan aturan hidup manusia untuk meraih kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat. Sebagai panduan dalam menjalanai kehidupan di dunia, ummat Islam harus menyadari bahwa Alquran adalah untuk dibaca, direnungkan, dan dipahami, kemudian diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam konteks ini, Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa manusia terbaik adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya. Artinya belajar membaca Alquran dengan benar, mengkaji dan memahami kandungannya serta mengamalkannya, kemudian mengajarkannya kepada orang lain.

Pondok Pesantren Tahfizh Alquran dan Bahasa Arab Bina Madani, yang dikenal dengan Ma`had Bina Madani merupakan sebuah lembaga pendidikan Alquran yang memberikan fasilitas baca Alquran dengan baik kepada santri, menghafalkannya dengan itqon, bersanad sampai kepada Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam, dan memahaminya dengan pemahaman yang benar, sehingga diharapkan santri tersebut menjadi manusia terbaik yang berakhlak mulia.

Ma`had Tahfizh Bina Madani berlokasi di kawasan Bogor , tepatnya di Desa Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Ma`had Tahfizh Bina Madani memiliki latar Gunung Salak yang indah, beriklim sejuk, nyaman, tenang dan sangat kondusif kepada pendidikan Alquran, dan dengan fasilitas yang lengkap untuk mencetak manusia terbaik.

Lembaga pendidikan Alquran ini didukung dengan guru-guru yang memiliki karakter yang kompetensi yang profesional di bidangnya masing-masing, untuk mengantarkan Putra-Putri ummat menjadi generasi qurani terbaik, yakni pelajar dan pengajar Alquran yang faham akan isinya serta berkakhlak karimah.